Tuesday, September 24, 2013

Cara Mengubah Format Audio

Cara Merubah Semua Format Audio Menjadi Fomat Audio Lainnyaم

Trik Video Gratis - Ini merupakan postingan pertama setelah siang tadi berganti domain menjadi kletah.com biar makin rajin ngeblog dan berbagi bersama blogger lain. Merubah format audio atau istilah kerennya convert audio/lagu sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Adapun tujuan merubah format lagu ini salah satunya agar lagu tersebut bisa didukung oleh pemutar lagu yang ada dikomputer kita. Ada beberapa aplikasi pemutar lagu seperti Winamp yang tidak mengenal beberapa format lagu, hal ini terjadi karena para pembuat aplikasi tersebut tidak memasukkan perintah untuk mengeksekusi lagu dengan format tertentu atau memang aplikasi pemutar lagu yang mereka buat hanya khusus mengeksekusi lagu dengan format yang mereka suka saja. Untuk itu, jika anda memiliki sebuah lagu tapi tidak bisa diputar dengan pemutar lagu yang ada dikomputer anda, anda cukup melakukan konversi lagu tersebut kedalam format yang bisa dibaca oleh pemutar lagu yang barusan anda gunakan (cara merubah semua format audio menjadi format audio lainnya ini masih ada kaitan dengan postingan sebelumnya yakni cara merubah semua format video menjadi format video lainnya karena aplikasi yang akan kita gunakan juga sama, dan jika anda ingin pemutar lagu yang bisa memutar hampir semua format, tidak ada salahnya jika anda mencoba Kanca Media Player buatan anak Indonesia. Silahkan download gratis DISINI)

melody-jkt48
Cantiknya Melody JKT48 (Ayo!!! Ngilerkan Loe)

Contoh nyata kenapa kita harus melakukan convert pada sebuah lagu kira-kira seperti ini (kalau komputer ruang lingkupnya terlalu luas, admin gunakan handphone saja, key) : Saya punya sebuah lagu dengan format MP3 dan saya ingin lagu itu dijadikan ringtone pada Hp N-GAGE QD tapi hp tersebut tidak mendukung format MP3 untuk ringtonenya. Format ringtone yang didukung oleh Hp N-GAGE QD salah satunya adalah WAV. Nah, daripada saya harus beli hp baru hanya untuk membuat ringtone dari lagu yang biasanya memiliki format MP3, lebih baik saya mengubah format lagu MP3 tadi menjadi WAV. Jadi saya bisa menjadikan lagu tersebut sebagai ringtone hp tanpa harus membeli hp yang baru. Kerenkan? 

Ada banyak aplikasi pengubah format lagu yang bisa anda dapatkan secara gratis diinternet. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan coba mengubah format sebuah audio menggunakan aplikasi Format Factory (Untuk mengetahui kelebihan dari aplikasi ini, anda bisa membaca postingan Format Factory, Software Converter Terbaik Yang Pernah Ada

CARA MENGUBAH LAGU MP3 MENJADI WAV

Dan untuk trik video gratis kali ini, admin akan coba share cara mengubah format lagu mp3 menjadi wav langkah demi langkah disertai screenshot gambarnya agar mudah dipahami. Anda bisa menggunakan lagu dengan format yang sama atau anda ingin mengubah lagu mp3 menjadi aac, lagu wma menjadi flac, lagu amr menjadi ogg atau lagu wav menjadi mp3, tidak masalah. Jika anda sudah siap mengubah format lagu tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini : 
  • Jalankan aplikasi Format Factory yang ada dikomputer anda. Jika belum punya, file install-nya bisa anda download gratis DISINI.
lagu-yang-siap-di-ubah-formatnya
  • Pada menu audio disamping kiri aplikasi tersebut, anda pilih jenis format hasil pengubahan lagu yang akan anda gunakan nanti (admin menggunakan pilihan All to WAV karena admin akan mengubah video MP3 menjadi WAV)
halaman-depan-format-factory
  • Pilih menu Add File untuk mencari lagu yang ingin anda ubah formatnya (Anda bisa melakukan beberapa pengaturan pada hasil keluaran dengan memilih menu Output Setting dan folder tempat menyimpan hasil keluaran dengan memilih list pada kotak Output Folder)
add-file-di-format-factory
  • Setelah anda memilih lagu yang ingin anda ubah formatnya, tekan tombol Open (admin menggunakan lagu OST. Krrish - Pyaar Ki Ek Kahani karena terobsesi menjadi pahlawan super seperti Krishna Mehra, hehehe)
pencarian-lagu-yang-akan-dirubah-formatnya
  • Jika muncul daftar lagu yang anda tambahkan tadi. Pilih OK
daftar-lagu-yang-akan-dirubah-formatnya
  • Akan muncul daftar lagu yang akan anda ubah formatnya. Click to Start untuk memulai proses merubah format lagu tersebut.
mulai-pengubahan-format-lagu
  • Tunggu prosesnya selesai.
proses-pengubahan-format-lagu
  • Klik kanan pada lagu yang telah selesai dirubah formatnya, lalu pilih Open Output Folder untuk menuju lokasi penyimpanan lagu tersebut.
proses-pencarian-lagu-yang-telah-dirubah-formatnya
  • Jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya, akan muncul sebuah lagu dengan format yang baru (admin mendapati sebuah lagu dengan format WAV)
lagu-yang-telah-dirubah-formatnya
  • Selesai
Begitulah Cara Merubah Format Sebuah Lagu. Anda bisa merubah format lagu apa saja kedalam format yang anda inginkan menggunakan Format Factory. Selamat Berkreasi!

No comments:

Post a Comment