Tuesday, September 24, 2013

Cara Mengubah Format Video

Cara Mengubah Format Video Menjadi Format Video Lainnya

Merubah format video atau istilah kerennya convert video sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Adapun tujuan merubah format video ini salah satunya agar video tersebut bisa didukung oleh pemutar video yang ada dikomputer kita. Ada beberapa aplikasi pemutar video seperti GOM yang tidak mengenal beberapa format video, hal ini terjadi karena para pembuat aplikasi tersebut tidak memasukkan perintah untuk mengeksekusi video dengan format tertentu atau memang aplikasi pemutar video yang mereka buat hanya khusus mengeksekusi video dengan format yang mereka suka saja. Untuk itu, jika anda memiliki sebuah video tapi tidak bisa diputar dengan pemutar video yang ada dikomputer anda, anda cukup melakukan konversi video tersebut kedalam format yang bisa dibaca oleh pemutar video yang barusan anda gunakan.
Raisa Wallpaper
 Jangan mandangin cewek nich mulu, hehehe
Contoh nyatanya kira-kira seperti ini : Anda punya sebuah video atau film dengan format MP4 tapi ketika anda ingin memutar dengan pemutar video yang anda dikomputer anda (katakanlah pemutar video tersebut ber-initial D), muncul pesan kalau format video tersebut tidak dikenali oleh pemutar video yang barusan anda gunakan. Pemutar video tersebut hanya mengenal video dengan format AVI atau MKV. Nah, daripada susah payah mendownload dan install aplikasi pemutar video baru yang support MP4, lebih baik mengubah format video MP4 tadi menjadi AVI atau MKV. Jadi anda bisa memutar video tersebut menggunakan aplikasi pemutar video yang telah ada dikomputer anda.

Ada banyak aplikasi pengubah format video yang bisa anda dapatkan secara gratis diinternet. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan coba mengubah format sebuah video menggunakan aplikasi Format Factory (Untuk mengetahui kelebihan dari aplikasi ini, anda bisa membaca postingan Format Factory, Software Converter Terbaik Yang Pernah Ada)

CARA MENGUBAH VIDEO MP4 MENJADI AVI

Dan untuk trik video gratis kali ini, admin akan coba share cara mengubah format video mp4 menjadi avi langkah demi langkah disertai screenshot gambarnya agar mudah dipahami. Anda bisa menggunakan video dengan format yang sama atau anda ingin mengubah video avi menjadi 3gp, video mkv menjadi avi, video wmv menjadi mkv atau video mov menjadi swf, tidak masalah. Jika anda sudah siap mengubah format video tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Jalankan aplikasi Format Factory yang ada dikomputer anda. Jika belum punya, file install-nya bisa anda download gratis DISINI. (Siapkan juga sebuah video yang ingin anda ubah formatnya)
Contoh Video .MP4
  • Pada menu video disamping kiri aplikasi tersebut, anda pilih jenis format hasil pengubahan video yang akan anda gunakan nanti (admin menggunakan pilihan All to AVI karena admin akan mengubah video MP4 menjadi AVI)
Halaman Depan Format Factory
  • Pilih menu Add File untuk mencari video yang ingin anda ubah formatnya (Anda bisa melakukan beberapa pengaturan pada hasil keluaran dengan memilih menu Output Setting dan folder tempat menyimpan hasil keluaran dengan memilih list pada kotak Output Folder)
Tambahkan File ke Format Factory
  • Setelah anda memilih video yang ingin anda ubah formatnya, tekan tombol Open (admin menggunakan video klip Raisa - Could It Be  karena terobsesi dengan gadis cantik berambut hitam panjang kayak bidadari tersebut, hehehe)
Video Klip Raisa - Could It Be
  •  Jika muncul daftar video yang anda tambahkan tadi. Pilih OK
Video yang Baru Saja ditambahkan ke Format Factory
  • Akan muncul daftar video yang akan anda ubah formatnya. Click to Start untuk memulai proses merubah format video tersebut.
Mulai Mengubah Format Video
  • Tunggu prosesnya selesai.
Proses Pengubahan Format Video
  • Klik kanan pada video yang telah selesai dirubah formatnya, lalu pilih Open Output Folder untuk menuju lokasi penyimpanan video tersebut.
Lokasi Penyimpanan Output Video dengan Format Baru
  • Jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya, akan muncul sebuah video dengan format yang baru (admin mendapati sebuah video dengan format AVI)
Contoh Video .AVI
  • Selesai
Begitulah Cara Merubah Format Sebuah Video. Anda bisa merubah format video apa saja kedalam format yang anda inginkan menggunakan Format Factory. Selamat Berkreasi

No comments:

Post a Comment